Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI di Kelas V SD Negeri Mampir Cileungsi Bogor Tahun 2020

Maulidya, Fitri dan Soro, Slamet (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI di Kelas V SD Negeri Mampir Cileungsi Bogor Tahun 2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025169_FITRI MAULIDYA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025169_FITRI MAULIDYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari latar belakang masalah yang ada bahwa sebagian peserta didik masih mendapatkan nilai dibawah rata-rata keriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 69. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang pada kelas V semester 2 SDN Mampir Cileungsi Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020”. Peneliti menyusun tahapan-tahan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : Perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, sesudah tindakan terdiri dari 2 siklus. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar matematika. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta diidik, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi bangun ruang secara individu terhadap peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Di Kelas V SD Negeri Mampir Cileungsi Bogor Tahun 2020 semester 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus di mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu tahap planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik. Data dikumpulkan melalui test dan observasi pada peserta didik dan guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada peserta didik kelas V SDN Mampir. Hal ini dibuktikan dengan prosentase kriteria ketuntasan minimal yaitu: pra siklus yang hanya 34%, siklus 1 mencapai 43%, siklus 2 mencapai 66%, serta rata-rata nilai kelas yaitu: pra siklus yang hanya 64,51, siklus 1 mencapai 68,54, siklus 2 mencapai 75,06. Hasil tersebut dapat dijadikan kesimpulan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI membuat peserta didik lebih aktif, antusias dan termotivasi untuk mengikutinya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:03
Last Modified: 24 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item View Item