Pengembangan Instrumen Pilihan Ganda Tingkat Dua (Two Tier) untuk Mengukur Miskonsepsi Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SDN Setia Asih 06. Skripsi

Alifah, Mahjati dan Handayani, Sri Lestari (2020) Pengembangan Instrumen Pilihan Ganda Tingkat Dua (Two Tier) untuk Mengukur Miskonsepsi Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SDN Setia Asih 06. Skripsi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025162_MAHJATI ALIFAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025162_MAHJATI ALIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahjati Alifah: NIM. 1601025162. Pengembangan Instrumen Pilihan Ganda Tingkat Dua (Two Tier) untuk Mengukur Miskonsepsi Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SDN Setia Asih 06. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat untuk mengukur miskonsepsi pada materi suhu, kalor dan perpindahannya yang memenuhi kriteria. Penelitian dilakukan dari bulan Juli sampai Agustus 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Setia Asih 06 yang beralamat di Tarumajaya, Kab. Bekasi.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Developmental Research) dengan model pengembangan dari Tessmer yaitu formative evaluation (Puji Rahayu, 2018). Instrumen yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dua tingkat dengan jumlah 15 utir soal yang terdiri dari 2 indikator pembelajaran yaitu mengidentifikasi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan mengidentifikasi cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari hari.
Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap Self Evaluation, Prototype, Field Test. Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk, isi dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba tahap I dan uji coba tahap II. Hasil penelitian menunjukkan instrumen tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat untuk mengukur miskonsepsi sudah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Jumlah 15 soal valid dengan persentase 100% dan 0 soal tidak valid dengan persentase 0%. Selanjutnya, pengujian reliabilitas menggunakan rumus KR-20, didapatkan nilai r11 sebesar 0,71 (tinggi). Kata kunci: Pengembangan instrumen pilihan ganda dua tingkat, miskonsepsi, kalor dan perpindahannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:03
Last Modified: 24 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

View Item View Item