Sistem Informasi e-SKA (Surat Keterangan Asal Elektronik) Untuk Pembuktian Ketentuan Asal Barang Indonesia di Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Pratiwi, Aini Mega dan Supriansyah, Supriansyah dan Giyanti, Sri (2019) Sistem Informasi e-SKA (Surat Keterangan Asal Elektronik) Untuk Pembuktian Ketentuan Asal Barang Indonesia di Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1501085004_AINI MEGA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1501085004_AINI MEGA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan sistem Informasi e-SKA (Surat Keterangan Asal Elektronik) untuk pembuktian ketentuan asal barang Indonesia di Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan RI. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk sumber data yang dipilih ialah Purposive Sampling dengan kriteria menguasai atau memahami sistem e-SKA (Surat Keterangan Asal Elektronik) dengan jumlah informan sebanyak 3 orang yang terdiri dari Kepala Seksi Subdit Ketentuan Asal Barang, Analis Perdagangan, dan Administrator Sistem e-SKA. Teknik pengumpulan data dilakukan di Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang didapat dilapangan bahwa sistem e-SKA di Kementerian Perdagangan RI meliputi (1) Input data. (2) Proses data. (3) Output Data. Data yang diinput pada sistem e-SKA terdapat dua tahap yang pertama penginputan pada tahap registrasi ialah NPWP, SIUP dan TDP dan penginputan data yang kedua untuk pengajuan permohonan SKA ialah PEB, Invoice, B/L, AWB, dll. Sedangkan proses data meliputi beberapa kegiatan yaitu yang pertama validasi yang dimana prosesnya dilakukan oleh admin yang sudah diberi wewenang oleh Kementerian Perdagangan RI, proses ini dilakukan apabila eksportir ada kesalahan dalam penginputan, yang kedua ialah menambah data pada sistem e-SKA melalui empat tahap yaitu header, goods, cost structure, dan penginputan upload data pendukung,ketiga menghapus data pada sistem e-SKA dilakukan ketika eksportir tidak melakukan perbaikan data pada jangka waktu 30 hari dari pengajuan permohonan SKA, keempat penyimpanan data SKA disimpan melalui dua penyimpanan yaitu melalui manual dan pada sistem e-SKA. Terakhir Output data dari sistem e-SKA menghasilkan laporan informasi berupa daftar eksportir yang telah mengajukan permohonan SKA setiap tahunnya dan output yang kedua yaitu e-SKA berupa SKA prefrensi dan SKA non Preferensi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:46
Last Modified: 24 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item