Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA

Purnomo, Bayu Arry dan Khusna, Hikmatul (2020) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105002_BAYU ARRY PURNOMO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105002_BAYU ARRY PURNOMO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA yang dapat mewakili tiga kategori kemampuan matematika yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian adalah siswa kelas 9 SMP. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil konsultasi
dengan guru matematika, dilanjutkan dengan pemberian tes kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA dan wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa SMP kategori tinggi dalam menyelesaikan soal PISA yaitu 1) Mampu menyajikan kembali data ke dalam bentuk tabel; 2) Mampu menyelesaikan masalah melalui persamaan matematika; 3) Mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan kata-kata. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa SMP kategori sedang dalam menyelesaikan soal PISA yaitu 1) Mampu menyelesaikan masalah melalui persamaan matematika; 2) Mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan kata-kata. Sedangkan hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa SMP kategori rendah dalam menyelesaikan soal PISA yaitu 1) Hanya mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan kata-kata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:27
Last Modified: 30 Jun 2022 10:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item