Strategi Humas PT Republika Media Mandiri Jakarta Dalam Mempertahankan Eksistensi Sebagai Media Cetak Nasional

Prasetia, Nurlia Putri dan Busyra, Nur (2020) Strategi Humas PT Republika Media Mandiri Jakarta Dalam Mempertahankan Eksistensi Sebagai Media Cetak Nasional. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1401105047_NURLIA PUTRI PRASETIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1401105047_NURLIA PUTRI PRASETIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kegiatan Hubungan Masyarakat, (2) Hubungan Media, dan (3) Strategi mempertahankan eksistensi media cetak dalam memberikan konten-konten berita di PT. Republika Media Mandiri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara mendalam (depth interview). Analisis data digunakan analisis deskriptif dengan uji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dan pembahasan diketahui: (1) Kegiatan Hubungan Masyarakat di PT. Republik Media Mandiri Jakarta yaitu menyusun serta mendistribusikan news release, foto-foto dan berbagai artikel untuk kalangan media massa, mengadakan konferensi pers, acara resepsi dan kunjungan kalangan media massa ke organisasi/perusahaan, menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi utama bagi kalangan media massa, serta mengatur acara wawancara antara kalangan pers (media cetak), radio, dan televisi dengan pihak manajemen, mengadakan kegiatan sosial Coorporate Social Responsibility (CSR), (2) Hubungan Media di PT. Republika Media Mandiri Jakarta sebagai sarana penyebarluasan informasi ke masyarakat terkait kebijakan atau pencapaian perusahaan, serta sebagai wadah untuk membentuk citra baik perusahaan. Menjalin hubungan dengan Media Nasional dan Media Lokal, seperti: Detik.com, Liputan6.com, Kompas, Warta Kota, Tempo, Jawa pos, Pos kota, Neraca, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Rakyat Merdeka, Metro TV, TV One, MNC TV, NetTV, (3) Strategi mempertahankan eksistensi media cetak dalam memberikan konten-konten berita, yaitu melalui tahapan Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan, Pengawasan dan Proses Liputan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:46
Last Modified: 24 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item