Pengaruh Strategi Pembelajaran Self-Explanation Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SMA Negeri 3 Kota Tangerang

Sahab, Fahmi dan Handayani, Isnaini dan Awalludin, Subhan Ajiz (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Self-Explanation Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SMA Negeri 3 Kota Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1501105044_FAHMI SAHAB.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1501105044_FAHMI SAHAB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran self-explanation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tangerang pada semester gasal tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pada uji validitas soal uji coba instrumen kemampuan pemahaman konsep didapat 5 soal valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, diketahui data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran self-explanation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tangerang. Selanjutnya melalui pengujian effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tergolong tinggi pada strategi pembelajaran self-explanation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:26
Last Modified: 30 Jun 2022 10:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item