Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Penggunaan Googleclassroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMKN 1 Cikarang Utara

Marjuki, Shella Dwi dan Maarif, Samsul dan Nuriadin, Ishaq (2020) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Penggunaan Googleclassroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMKN 1 Cikarang Utara. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MTK_1809097015 _Shella Dwi Marjuki.pdf]
Preview
Text
SPS_MTK_1809097015 _Shella Dwi Marjuki.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliti ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana menganalisis
kemandirian belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 dalam penggunaan
googleclassroom dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif metode study kasus.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi, dipilih 3 subjek untuk
mewakili untuk setiap ketegori, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Langkah-langkah dalam
analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian Faktor penyebab kemandirian belajar dimasa pandemi covid-19
dalam kemampuan pemecahan masalah, terdapat faktor eksternal dan internal antara
lain: (a) Siswa dan guru tidak memberikan feedbeck secara tepat. (b) Pemahaman siswa
terhadap suatu materi kurang mendalam, kebutuhan internet dan rasa jenuh siswa
terhadap pembelajaran daring. (c) Kurangnya konsentrasi belajar siswa sehingga siswa
mudah lupa dengan apa yang di jelaskan oleh guru. Karakteristik kemandirian belajar
siswa dimasa pandemi covid-19 siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada
kategori tinggi dapat memahami masalah, menentukan tahap perencanaan masalah dan
dapat menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang benar dan tepat, dapat
menggunakan informasi yang sudah ada dan memeriksa kembali jawaban. Pada kategori
sedang, siswa dapat memahami masalah, dapat menentukan tahap perencanaan dan
dapat menyelesaiakn masalah, dan tidak memeriksa kemabali jawaban. Pada kategori
rendah, tidak dapat memahami masalah, tidak dapat menentukan tahap perencanaan
masalah dan menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali jawaban yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Googleclassroom, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:45
Last Modified: 16 Jun 2022 04:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

View Item View Item