Desain Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membangun Konsep Operasi Perkalian Matriks pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas

Rahmawati, Nurlaela dan Purnomo, Yoppy Wahyu dan Kadir, Kadir (2020) Desain Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membangun Konsep Operasi Perkalian Matriks pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MTK_1709097043_NURLELA RAHMAWATI.pdf]
Preview
Text
SPS_MTK_1709097043_NURLELA RAHMAWATI.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan mendeskripsikan peranan model kontekstual dalam
mendukung pembelajaran matematika realistik konsep operasi perkalian matriks pada
kelas XI MIPA dan menghasilkan lintasan belajar dalam pembelajaran matematika
realistik konsep operasi perkalian matriks pada kelas XI MIPA.
Metode penelitian adalah design research yang dilaksanakan dalam tiga fase,
yaitu desain pendahuluan, percobaan pengajaran, dan analisis retrospektif. Penelitian
dilakukan di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan, melibatkan 36 siswa kelas XI MIPA-1.
Tahap pendahuluan percobaan pengajaran dilakukan pada kelas kecil dengan 9 siswa
yang kemampuannya heterogen berdasarkan hasil pre-tes, kemudian diwawancara lebih
mendalam. Tahap percobaan pengajaran dilakukan pada kelas XI MIPA-2 yang terdiri
dari 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, pengamatan,
wawancara, lembar kerja siswa, dan dokumentasi dalam bentuk rekaman video, foto, dan
catatan harian.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) model kontekstual dalam
pembelajaran matematika realistik dapat membangun konsep operasi perkalian matriks
dimulai dari topik informal melalui penyajian permasalahan kontekstual tentang
kesukaan atau hobi yang membahas definisi matriks, elemen matriks, ordo matriks, jenisjenis
matriks, transpose matriks, dan kesamaan dua matriks, dan (2) Lintasan
pembelajaran konsep operasi matriks yang dihasilkan, meliputi (a) menyajikan
permasalahan kesukaan atau hobi (b) menyusun matriks dari konteks ke dalam
representasi tabel pada model of, (c) melakukan dan menentukan persayaratan
penjumlahan dan pengurangan matriks serta mengidentitifikasi sifat-sifatnya pada model
for, dan (d) menentukan perkalian skalar matriks dan sifat-sifatnya sebagai penjumlahan
berulang, dan menentukan syarat dan hasil perkalian dua matriks serta sifat-sifatnya dari
permasalahan kontekstual pada model formal.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model kontekstual yang tersajikan dari
masalah informal dalam penelitian ini memiliki peranan sebagai pengetahuan awal
(starting point) yang menopang pemikiran siswa dalam memahami konsep matriks.
Penggunaan konteks juga berperan sebagai visualisasi dari konsep matriks dari objek
yang kemudian secara alami membawa siswa untuk melakukan penemuan konsep operasi
perkalian matriks. Penerapan tahapan pembelajaran matematika realistik melalui model
kontekstual, model of, model for, dan model formal menghasilkan lintasan belajar dalam
pembelajaran konsep matriks dari model informal ke model formal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran, lintasan belajar, pembelajaran matematika realistik, konsep operasi perkalian matriks.
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:46
Last Modified: 16 Jun 2022 04:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14714

Actions (login required)

View Item View Item