Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Zulyansyah, Zulyansyah dan Nuraidin, Ishaq dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MTK_ 1709097023_Zulyansyah.pdf]
Preview
Text
SPS_MTK_ 1709097023_Zulyansyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Google Classroom
dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Metode yang
dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Formulir,
penelitian ini dilakukan di SMP Bangun Nusantara di Kecamatan Cipondoh Kota
Tangerang dan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen berupa kuesioner
dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama nilai koefisien korelasi
antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh
sig-value 0,111> 0,05 dengan demikian H0 diterima dan hasil koefisien determinasi
atau rhitung sebesar 0,274 dapat dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara
penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa dengan derajat
hubungan korelasi rendah dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis kedua hasil
koefisien korelasi diperoleh sig-value 0,011 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan
hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,427 dapat dinyatakan bahwa terdapat
terdapat hubungan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa
mempunyai derajat hubungan korelasi sedang dan bentuk hubungan yang positif.
Hipotesis ketiga nilai koefisien korelasi sig F 0,035 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak
dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,435 dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan
antara penggunaan google classroom dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika
siswa dengan derajat hubungan kuat dengan arah positif, sedangkan nilai koefisien
determinasi diperoleh sebesar 0,189artinya kontribusi kemampuan penalaran matematis
18,9% dapat diprediksi berdasarkan penggunaan google classroom dan self efficacy,
sedangkan sisanya yaitu 81,1% dapat diprediksi dari faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: penggunaan google classroom, self efficacy, hasil belajar
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:49
Last Modified: 16 Jun 2022 04:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item