Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13

Ufairoh, Hanifatul dan Ramadhar, Yulia (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025158_HANIFATUL UFAIROH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025158_HANIFATUL UFAIROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan menggunaan media audio visual pada peserta didik kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13 pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas IVA dan IVB berjumlah 57 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan soal essay dengan 15 butir soal yang sudah diuji validitasnya menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 20 soal essay dengan 15 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha memperoleh rhitung = 0,84 > rtabel = 0,413, maka data tersebut memilikiinstrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji normalitas Liliefors diperoleh Lo = 0,146 < Lt = 1,63, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,08 < Ftabel = 1,89, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,387 dengan ttabel = 2,004 pada α = 0,05 dan ttabel = 2,004 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik di kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:01
Last Modified: 24 Jun 2022 03:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item