Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Sikap Toleransi Siwa Kelas IV Di SDN Margajaya 01 Bekasi

Ramadhani, Cyntia Habsari dan Bandarsyah, Desvian (2020) Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Sikap Toleransi Siwa Kelas IV Di SDN Margajaya 01 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025154_CYNTIA HABSARI RAMADHANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025154_CYNTIA HABSARI RAMADHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai belum sempurnanya siswa dalam menerapkan sikap toleransi. Terlihat dari cara siswa yang masih memlih teman dalam tugas kelompok berdasarkan teman yang biasa bergaul baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Sikap Toleransi Siwa Kelas IV Di SDN Margajaya 01 Bekasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini berupa informasi yang diperoleh dari informan, dan dokumen atau arsip. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa cara yang dipakai guru dalam pembelajaran IPS adalah berbasis kearifan lokal melalui buku tematik dengan cara diskusi, presentasi, dan tanya jawab. Bentuk-bentuk penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran IPS ditanamkan melalui belajar kelompok (diskusi) yang mana siswa dapat menghargai perbedaan pendapat. Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal diterapkan pada siswa kelas IV karena tema tersebut memuat banyak materi yang bersinggungan dengan keadaan sehari-hari. Hasil dari penanaman sikap toleransi melalui penerapan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal sudah cukup baik. Namun masih kurang maksimal karena belum semua siswa memiliki sikap toleransi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:00
Last Modified: 24 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item