Strategi Internalisasi Kurikulum 2013 pada Tujuh Tata Nilai Sekolah Islam Al Ikhlas dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SMP Islam Al Ikhlas, Cipete. Jakarta Selatan. Tahun Ajaran 2017-2018

Gusrian, Dicky Try dan Suswandari, Suswandari dan Qodariah, Lelly (2018) Strategi Internalisasi Kurikulum 2013 pada Tujuh Tata Nilai Sekolah Islam Al Ikhlas dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SMP Islam Al Ikhlas, Cipete. Jakarta Selatan. Tahun Ajaran 2017-2018. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPSI_1609077001_DICKY TRY.pdf]
Preview
Text
SPS_IPSI_1609077001_DICKY TRY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan tesis ini adalah mengetahui strategi internalisasi kurikulum 2013
yang di aplikasikan pada tujuh tata nilai Sekolah Islam Al Ikhas dalam pembelajaran
IPS. Dengan aspek-aspek meliputi: 1). Mengetahui strategi internalisasi tujuh tata nilai
SMP Islam Al Ikhlas yang di aplikasikan guru pada pembelajaran IPS, 2). Mengetahui
hubungan kurikulum 2013 dan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas, 3). Mengetahui
pelaksanaan implementasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas pada guru IPS di SMP
Islam Al Ikhlas, 4). Menganalisis bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat
guru dalam mengimplementasikan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas.
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus dengan mendapatkan data penelitian secara alamiah, dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara berstruktur dan studi dokumentasi.
Wawancara dilakukan kepada kepala SMP Islam Al Ikhlas, wakil bidang kurikulum,
guru IPS, koordinator bidang pendidikan YMAI, pengawas sekolah, orang tuamurid dan
koordinator tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi internalisasi tujuh tata
nilai SMP Islam Al Ikhlas yang di terapkan guru IPS di katagorikan menjadi dua ranah,
yaitu ranah akademik dan perilaku. Strategi secara akademik terbagi menjadi tiga
indikator yaitu, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi dalam pembelajaran IPS.
Sedangkan strategi ranah perilaku yaitu, guru memberi penjelasan dengan baik, guru
menegur dan memberi arahan atau motivasi kepada peserta didik pada saat pembelajara
IPS berlangsung. Kedua, hubungan kurikulum 2013 dengan tujuh tata nilai yang di
terapkan guru IPS yaitu, guru mengkaitkan materi yang di ajarkan dengan tujuh tata
nilai dan tujuan yang ingin di capai pada pembelajaran IPS untuk pengembangan diri
peserta didik pada pembiasaan budaya sekolah. Ketiga, pelaksanaan tujuh tata nilai pada
nilai disiplin, amanah, cerdas, visioner, kerjasama dan peduli cenderung lebih muncul di
bandingkan dengan nilai kreatif. Keempat, faktor pendukung dalam implementasi tujuh
tata nilai pada pembelajaran IPS salahsatunya yaitu, komitmen bersama dari guru dan
sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu, perbedaan konsep penerapan dalam
pembelajaran oleh setiap guru, termasuk guru IPS.
Kesimpulan pada penelitian yang telah di lakukan adalah, strategi internalisasi
kurikulum 2013 pada tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas pada pembelajaran IPS yang
diterapkan oleh guru IPS dilakukan dengan cara menerapkan nilai-nilai positif untuk
menumbuhkan kesadaran pada diri peserta didik, dan menginternalisasikan tujuh tata
nilai dalam perilaku serta pembiasaan pada saat pembelajaran IPS berlangsung,
kecenderngan tujuh tata nilai yang sering muncul pada saat pembelajaran IPS di SMP
Islam Al Ikhlas yaitu: disiplin, amanah dan peduli. Pihak yayasan serta sekolah belum
menyusun (SOP) serta sintak secara jelas untuk penerapan tujuh tata nilai dalam proses
pembelajaan. Penerapan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang belum maksimal di
internalisasikan oleh guru belum di monitoring dan ditindaklanjuti secara khusus oleh
sekolah ataupun yayasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:57
Last Modified: 16 Jun 2022 08:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item