Attamimi, Haykal dan Bandarsyah, Desvian (2020) Perjuangan Soekarno di Pengasingan Mentok Tahun 1949 Sebagai Rekontruksi Pembelajaran Sejarah Lokal. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075027_HAYKAL ATTAMIMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab Pemerintah Belanda mengasingkan Soekarno, memahami kenapa Mentok menjadi tempat Soekarno diasingkan oleh Pemerintah Belanda, mengetahui kondisi sosial politik daerah Bangka saat sebelum dan sesudah Soekarno diasingkan di Mentok, serta mengetahui lebih dalam perjuangan Soekarno di Mentok saat diasingkan oleh Pemerintah Belanda, dan memahami rekontruksi perjuangan Soekarno dalam Pembelajaran sejarah lokal. Metodologi penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat langkah, yakni: (1) Heuristik merupakan kegiatan mencari sumber untuk mendapatkan data-data; (2) kritik merupakan kegiatan menyeleksi data-data yang didapatkan; (3) interpretasi merupakan kegiatan menguraikan fakta-fakta sejarah yang didapatkan; (4) historiografi merupakan penulisan sejarah berdasarkan fakta-fakta sejarah yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perjuangan Soekarno ketika diasingkan di Mentok Bangka memang tidak terlalu besar perananya dalam medan perang. Soekarno hanya menjadi seorang konseptor perjuangan atau orang yang bekerja di balik layar. Sebagai konseptor disini ialah Soekarno mengatur Strategi apa yang akan di lakukan dan menyampaikan gagasan-gasanya. Sebab penjagaan yang di lakukan Pemerintah Belanda terhadap Soekarno dan kawan-kawan membuat mereka kesulitan untuk melakukan pergerakan. Soekarno berhasil membangun kelompok perundingan atau Tress Bangka bersama Hatta dan kawan-kawan untuk melawan Pemerintah Belanda ke meja perundingan. Kemudian untuk membuat perjuangan Soekarno ini tidak hanya menjadi sebuah kisah masa lalu semata membuat peneliti merokontruksi hasil penelitian ini ke dalam sebuah buku atau buku ajar yang bisa di terapkan ke dalam dunia pendidikan untuk di jadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah lokal dan dapat di kenang hingga masa depan oleh peserta didik maupun masyarakat Bangka. Peristiwa sejarah yang ada di daerah dapat di ketahui dengan mudah oleh masyarakat dengan melalui dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:43 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 03:48 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14691 |
Actions (login required)
View Item |