Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Susukan 05 Pagi Ciracas Jakarta Timur

Alfiani, Firdavira dan Fitniwilis, Fitniwilis (2020) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Susukan 05 Pagi Ciracas Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025151_FIRDAVIRA ALFIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025151_FIRDAVIRA ALFIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN Susukan 05 Pagi Ciracas Jakarta Timur pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto dan teknik penelitian korelasional dengan desain Cross Sectional. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Motivasi Belajar sedangkan variabel bebasnya yaitu Tingkat Pendidikan Orang Tua. Populasi penelitian ini berjumlah 64 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan cara undian tanpa pengembalian. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa.
Pada uji validitas angket motivasi belajar dengan menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson sebanyak 25 butir pernyataan dengan 18 butir pernyataan valid dan 7 butir pernyataan drop. Sedangkan pada uji reliabilitas angket motivasi belajar menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung = 0,83 > rtabel = 0,325, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan mendapatkan hasil bahwa motivasi belajar siswa terbanyak yaitu pada kategori sedang sebesar 65,5%, dan tingkat pendidikan orang tua berada di kategori menengah (81,8% untuk ayah dan 80,0% untuk ibu).
Pada uji hipotesis digunakan analisis bivariat dengan rumus Uji korelasi Rank Spearman (rho) dikarenakan data variabel tingkat pendidikan orang tua tidak berdistribusi normal. Sehingga dari perhitungan korelasi, diperoleh nilai signifikansi ayah = 0,198 dan ibu = 0,074 pada α = 0,05. Dengan diterimanya H0 dan diperkuat oleh hasil wawancara orang tua siswa sebagai tambahan, maka dengan ini dinyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Susukan 05 Pagi Ciracas Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:00
Last Modified: 24 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item View Item