Cahyanti, Cahyanti dan Rahmadhar, Yulia (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025148_CAHYANTI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur pada semester genap tahun pelajran 2019-2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 32 soal valid dan 8 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 0,891 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung = 0, 098 < Ltabel = 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,68 < Ftabel = 1,98, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis menggunkan uji-t diperoleh Thitung = 8,984 dan Ttabel = 2,012 pada a =0,05, maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajara Pair Check pada hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 03:00 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 03:00 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14680 |
Actions (login required)
View Item |