Azzahra, Hana Fatimah dan Andi, Andi (2020) Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075016_HANA FATIMAH AZZAHRA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan Inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif; (2) Untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan inklusif di SMAN 11 Kab. Tangerang; dan (3) Untuk mengetaui apa saja kendala model pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe studi kasus yang meneliti secara mendalam peserta didik yang mengalami kebutuhan khusus, dan sekolah yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) Komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman; (2) Setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya; dan (3) Menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:41 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 03:50 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14674 |
Actions (login required)
View Item |