Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang

Azzahra, Hana Fatimah dan Andi, Andi (2020) Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075016_HANA FATIMAH AZZAHRA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075016_HANA FATIMAH AZZAHRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan Inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif; (2) Untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan inklusif di SMAN 11 Kab. Tangerang; dan (3) Untuk mengetaui apa saja kendala model pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe studi kasus yang meneliti secara mendalam peserta didik yang mengalami kebutuhan khusus, dan sekolah yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) Komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman; (2) Setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya; dan (3) Menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:41
Last Modified: 24 Jun 2022 03:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14674

Actions (login required)

View Item View Item