Rhazuardhy, Adam dan Wahyuni, Wahyuni (2020) Pengaruh Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025133_ADAM RHAZUARDHY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabiltas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,886 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen SDS Lo < Lt yaitu 0,119 < 0,156 dan Kelas Kontrol Lo < Lt yaitu 0,115 < 0,156, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu yaitu 1,12 ≤ 2,38, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung=3,913 >ttabel=2,389. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:44 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 08:18 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14666 |
Actions (login required)
View Item |