Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Anak pada Rumah Tangga Tenaga Kerja Perempuan.

Rahayu, Yayuk Muji dan Marzali, Amri dan Gunawan, Rudy (2018) Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Anak pada Rumah Tangga Tenaga Kerja Perempuan. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1609077007_YAYUK MUJI RAHAYU.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1609077007_YAYUK MUJI RAHAYU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan Tesis ini adalah untuk dapat menganalisa bagaimana kondisi sosial ekonomi maupun pendidikan anak, pada rumah tangga tenaga kerja perempuan. Bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat tidak adanya ibu/istri di rumah, serta faktor-faktor yang mendorong maupun menarik para perempuan di desa pergi bekerja ke luar negeri menjadi tenaga kerja perempuan. Penelitian ini dilakukan di Desa Gundik, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo pada bulan Juni 2018 sampai dengan bulan Juli Tahun 2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan Observasi, wawancara secara mendalam dan Dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor pendorong para perempuan desa menjadi tenaga kerja perempuan ke luar negeri adalah beban ekonomi yang semakin besar dalam rumah tangga dan keinginan untuk membantu suami memperbaiki kondisi ekonomi keluarga. Sedangkan faktor yang menjadi daya tarik para ibu/istri pergi bekerja ke luar negeri adalah pendapatan (gaji) yang besar ketika menjadi tenaga kerja kerja perempuan di luar negeri, dengan tingkat pendidikan dan ketrampilan yang dimiliki pekerjaan lebih mudah di dapatkan. Dampak positif dari kepergian para ibu/istri bekerja di luar negeri adalah terjadi peningkatan dalam bidang ekonomi terhadap keluarga yang ditinggalkan, status sosial keluarga menjadi lebih terangkat karena penghasilan istri di luar negeri. Dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya adalah terjadi pergeseran peran dalam keluarga, ayah harus berperan di ranah domestik yang tidak pernah dilakukan sebelumnya dan sekaligus berperan di ranah publik sebagai pencari nafkah. Selain itu terjadi perubahan perilaku pada anak maupun keluarga yang lain. Anak lebih mudah membelanjakan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu, gaya hidup menjadi berubah, lebih sukar diatur atau diarahkan, pendidikan sekolah menjadi terabaikan bahkan ada yang putus sekolah. Dampak lain juga terjadi pada suami yang ditinggalkan, karena semua pengiriman uang diterima suami membuat mereka menjadi lebih leluasa menggunakan uang tersebut untuk kepentingan diri sendiri, bukan untuk kepentingan keluarga, seperti yang terjadi di Desa Gundik, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, 4,6 % dari suami yang ditinggalkan menggunakan uang hasil kerja istrinya untuk kepentingan dan kesenangan diri sendiri, bukan untuk kepentingan keluarga. Dampak psikis juga dialami oleh istri, dia akan bertambah bebannya sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga yang harus mengirimkan uang hasil kerjanya untuk kebutuhan hidup keluarga yang ditinggalkannya.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ketidakhadiran seorang istri/ibu akibat pergi bekerja ke luar negeri akan memberikan dampak kepada keluarga yang ditinggalkannya, baik dampak positif maupun dampak negatif dalam bidang ekonomi dan pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi, Pendidikan Anak, Rumah Tangga Tenaga Kerja Perempuan.
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:49
Last Modified: 16 Jun 2022 04:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item