Gerakan Literasi di Kota Ternate (Studi pada Lembaga Independensia, Nation Building Corner Library dan Rumah Belajar Bambu)

Abas, Safrudin dan Marzali, Amri dan Bandarsyah, Desvian (2018) Gerakan Literasi di Kota Ternate (Studi pada Lembaga Independensia, Nation Building Corner Library dan Rumah Belajar Bambu). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1609077004_SAFRUDIN ABAS.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1609077004_SAFRUDIN ABAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kiprah organisasi-organisasi literasi di Kota Ternate. Bagaimana faktor penghambat dan pendukung gerakan literasi. Bagaimana tantangan sosio-kultural yang perlu di perhatikan oleh organisasi literasi tersebut. Bagaimana respon dan sikap masyarakat menerima gerakan literasi yang dilakukan. Bagaimana solusi yang di pecahkan oleh komunitas literasi dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk memahami arti peristiwa dan kaitannya dengan orang-orang pada umumnya dalam situasi tertentu. Sehingga pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi didirikannya sejumlah komunitas literasi di Kota Ternate, ialah karena kondisi sosial hari ini semakin menjauh dari dunia keliterasian. keterbatasan kapasitas lembaga (sumber daya pengelola), dana operasional kegiatan (fundrising), kemampuan memahami dunia informasi dan publikasi serta keterbatasan akses, baik akses bacaan-bacaan bermutu maupun jejaring (networking) untuk membangun kemitraan tidak menjadi penghambat yang meredupkan kerja-kerja keliterasian di komunitas.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunitas literasi memiliki peran penting dalam gerakan literasi. kemampuan pengelolah dengan kreatifitasnya, mendesain, mengelolah serta menciptakan suasana perpustakan menjadi lebih menarik adalah tugas paling utama bagi komunitas. Hal ini bertujuan agar gerakan literasi yang di lakukan mampu mempengaruhi, mengajak dan membangun kesadaran masyarakat, mencintai dan menyukai bahan-bahan bacaan, baik buku, majalah, surat kabar pun bacaan yang bersumber dari teknologi modern, seperti gadget, iPed dan lain-lain

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi, Kiprah Komunitas Literasi, Kesadaran Literasi, Minat Baca Masyarakat.
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:49
Last Modified: 16 Jun 2022 08:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14655

Actions (login required)

View Item View Item