Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Siswa Sejarah Di SMA

Prayogi, Yoga dan Andi, Andi (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Siswa Sejarah Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075004_YOGA PRAYOGI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075004_YOGA PRAYOGI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan tipe the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini mencangkup seluruh peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis matematis dan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran maka diuji coba di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk homogenitas. Analisis data skor kemampuan hasil belajar menggunakan uji-t Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di Sma”dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:39
Last Modified: 24 Jun 2022 02:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item View Item