Perkembangan Masjid Nabawi Sebagai Aktivitas Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah SAW (Dari Awal Hijrah Ke Madinah Sampai Wafatnya Rasulullah SAW)

Noviansyah, Andre dan Merina, Merina (2020) Perkembangan Masjid Nabawi Sebagai Aktivitas Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah SAW (Dari Awal Hijrah Ke Madinah Sampai Wafatnya Rasulullah SAW). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075001_ANDRE NOVIANSYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075001_ANDRE NOVIANSYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perkembangan aktivitas di masjid Nabawi khususnya aktivitas dalam pendidikan Islam di masa Rasulullah Saw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Historis dengan menampilkan berbagai sumber primer maupun sumber sekunder. Dalam hal ini masjid Nabawi merupakan sebuah tempat yang suci dimana banyak berbagai aktivitas yang dilakukan Rasulullah Saw dan umatnya. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan pada masa Rasulullah Saw mencakup berbagai aspek, mulai dari aspek keagamaan, sosial, politik, dan yang bersifat kenegaraan ataupun pemerintahan. Masjid Nabawi juga merupakan tempat yang sentral yang mana sebagai pusat peradaban umat Islam dan pusat pemerintahan umat Islam. Rasulullah Saw memimpin dalam keberlangsungan dalam segala aspek dan menjadi pemimpin negara Islam di Madinah. Di sisi lain dalam hal pendidikan Islam, Rasulullah Saw terus menekankan pada kemampuan umat Islam dalam menuntut ilmu pendidikan Islam. Rasulullah Saw juga memimpin langsung dalam proses pelaksaan pendidikan Islam. Rasulullah Saw memberi ajaran pendidikan Islam dari berbagai bidang seperti bidang keagamaan, akhlak, kesehatan, dan sosial politik. Dengan demikian pendidikan Islam yang terjadi di masjid Nabawi menjadikan pusat peradaban Islam yang sangat baik dan menjadi titik awal daripada perkembangan ilmu pengetahuan umat Islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:39
Last Modified: 24 Jun 2022 02:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

View Item View Item