Hubungan Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah dengan Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pembelajaran IPS SD Negeri di Satu Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi

Tunarso, Tunarso dan Qodariah, Lelly dan Bandarsyah, Desvian (2019) Hubungan Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah dengan Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pembelajaran IPS SD Negeri di Satu Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077031_TUNARSO.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077031_TUNARSO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari Hubungan Peran Komite
Sekolah dan Peran Kepala Sekolah dengan Peningkatan Profesionalitas Guru
Dalam Pembelajaran IPS SD Negeri di Satu Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur,
Kota Bekasi. Hasil ini menunjukkan: (1) Hubungan Komite Sekolah dengan
Profesionalitas Guru, (2) Hubungan Peran Kepala Sekolah dengan Profesionalitas
Guru, (3) Hubungan antara Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah
Secara Bersama-sama dengan Profesionalitas Guru.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif analistis, kuantitatif dalam pengertian bahwa dalam penelitian ini dilakukan pengujian statistik, khususnya untuk mengukur seberapa besar kaitan atau kekuatan hubungan diantara variabel-variabel yang diteliti. Bersifat deskriptif analistis maksudnya bahwa penelitian ini tidak saja ingin menggambarkan secara jelas mengenai hubungan peran komite sekolah dan peran kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran IPS Sekolah Dasar Negeri
di Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur. Penelitian ini penulis menentukan
populasi guru Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kelurahan Aren Jaya, Bekasi
Timur, Kota Bekasi sebanyak 19 SDN yang berjumlah 254 guru. Dalam
penelitian ini penulis menentukan populasi sebanyak 254 guru. Dari populasi
sebanyak 254 guru dengan menggunakan propotional random sampling (Slovin),
hal ini dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah 155 guru Sekolah Dasar Negeri.Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil guru dari setiap sekolah yangsudah ditentukan sebagai sampel.Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Hubungan Peran Komite Sekolah dengan Profesionalitas Guru, dimana koefisien korelasi sebesar 0,642 menghasilkan thitung = 10,35 lebih besar dari ttabel = 2,61 pada α = 0,01. 2). Hubungan Peran Kepala Sekolah dengan Profesionalitas Guru, dimana koefisien korelasi sebesar 0,689 menghasilkan thitung = 11,76 lebih besar dari ttabel = 2,61 pada α = 0,01. 3) Hubungan antara Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah Secara Bersama-sama dengan Profesionalitas Guru dengan Koefisien korelasi ganda kedua variabel bebas dengan profesionalitas guru (Ry.12) = 0,766. Hasil uji signifikannya diperoleh harga Fhitung (107,89) > Ftabel (4,75) pada α =0,01. Berdasarkan hasil tersebut terdapat hubungan positif antara peran komite sekolah dan peran kepala sekolah secara bersama-sama dengan profesionalitas guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Profesinalitas Guru
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:56
Last Modified: 16 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

View Item View Item