Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Starts With a Question Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta

Aryati, Ika Fitra dan Baadilla, Irwan (2020) Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Starts With a Question Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025123_IKA FITRA ARYATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025123_IKA FITRA ARYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali hubungan model pembelajaran kooperatif learning starts with a question dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta. Di dalam penelitian ini terddapat subjek yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 55 partisipan peserta didik serta 5 orang guru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan informasi merupakan memakai uji formatif, lembar observasi guru, catatan lapangan serta dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif dengan memakai tata cara penelitian korelasi product moment. Dengan subjek penelitian merupakan guru kelas IV. Tata cara pengumpulan informasi yang digunakan merupakan angket serta dokumentasi. Pada perolehan hasil angket yang sudah diisi oleh guru kalau 80% guru sering menggunakan model pembelajaran serta 20% memakai model pembelajaran. Pada perolehan penilaian partisipan didik yang telah bisa menggapai KKM sebanyak 48 peserta, dengan persentase sangat baik 51% (28), baik (20%), serta yang belum menggapai KKM sebanyak 7 partisipan didik, dengan presentasi 7% (4), kurang 5% (3). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan koefisien korelasi ( r hitung) r tabel( 2, 14 1, 99) dengan taraf signifikansi sebesar 5% dengan jumlah N=60. Koefisien korelasi tersebut mengindikasikan terdapatnya ikatan yang positif antara model pembelajaran kooperatif learning starts with a question terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Hal ini mempunyai makna kalau tiap peningkatan variabel model pembelajaran kooperatif learning starts with a question akan mempengaruhi peningkatan variabel kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:43
Last Modified: 24 Jun 2022 02:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item View Item