Hubungan Antara Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Dengan Kreativitas Belajar Ips Di Smp Muhammadiyah Se Jakarta Timur

Rudin, Rudin dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2019) Hubungan Antara Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Dengan Kreativitas Belajar Ips Di Smp Muhammadiyah Se Jakarta Timur. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077016_RUDIN.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077016_RUDIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS; (2) apakah ada hubungan antara minat belajar dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS; (3) apakah ada hubungan antara motivasi dan minat belajar secara bersama-sama dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMP Muhammadiyah se-Jakarta Timur pada kelas VIII tahun pelajaran 2017-2019 dengan jumlah sampel 167 dari Populasi sebanyak 326 Siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan questioner tertutup dan menggunakan skala dengan tujuh alternatif jawaban dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda kemudian dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 24 dengan tingkat signifikansi 5%. Questioner dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok untuk mengungkap data motivasi belajar, minat belajar dan kreativitas Belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Motivasi (X1) terhadap kreativitas belajar IPS (Y) yang memberi pengaruh sebesar 50,3% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 167,293; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Minat belajar (X2) terhadap kreativitas belajar IPS (Y) yang memberi pengaruh sebesar 43,8% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 128,563; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kreativitas belajar IPS (Y) yang memberi pengaruh sebesar 58,1% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 113,912.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kreativitas Belajar
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:56
Last Modified: 16 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item