Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Secara Online Kelas V SDN Cijantung 06 Jakarta Timur

Novida, Dwi dan Setyaningsih, Maryanti (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Secara Online Kelas V SDN Cijantung 06 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025104_DWI NOVIDA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025104_DWI NOVIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penggunaan metode pembelajaran eksperimen siswa kelas V di SDN Cijantung 06 Jakarta Timur, semester II 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desaign quasi experimental desaign, dengan bentuk nonequivalent control group desaign. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 60 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh yang menjadikan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen 1 dan 30 siswa kelas V-B sebahai kelas eksperimen 2. Teknik pemgumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Perhitungan uji normalitas dilakukan dengan uji lilifors. Pada kelas ekperimen I didapat Xhitung = 0,087 dan Xtabel = 0,162. Sedangkan kelas eksperimen II didapat Xhitung = 0,085 dan Xtabel = 0,162. Karena Xhitung < Xtabel , berarti Ho diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-fisher untuk homogenitas dengan taraf signifikan ɑ = 0,05. Diperoleh Fhitung = 2,43 < Ftabel =3,13, maka Ho diterima, sehingga disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang mempunyai varian yang sama atau homogen. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t, diperoleh thitung = 3,0749 > ttabel =2,0021 padaa tarif signifikan ɑ = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Dengan demikian Ho ditolak, dan H1 diterima sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran eksperimen siswa kelas V di SDN

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:33
Last Modified: 24 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

View Item View Item