Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur

Fauzi, Denni Rohmat dan Wahyuni, Nur (2020) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025095_DENNI ROHMAT FAUZI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025095_DENNI ROHMAT FAUZI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapatnya perbedaan hasil belajar melalui model pembelajaran Group Investigation dengan Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur Kelas VA dan Kelas VB tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Sampel penelitian ini Meliputi 30 siswa kelas VA sebagai kelas Group Investigation dan 30 siswa kelas VB sebagai kelas Think Pair Share di SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Instrument sebelumnya diajukan di SDN Cengkareng Timur 04 Petang Jakarta Barat kepada 27 siswa. Uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop, sedabfkan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh r11 > rtabel (0,91 > 0,381) maka instrument reliabel. Sebelum data dianalisis dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh pada kelas Group Investigation Lhitung < (0,145 < 0,161) dan pada kelas Think Pair Share thitung < ttabel (0,1066 < 0,161) maka dapat disimpulkan data distribusi normal. Uji Homogenitas digunakan Uji Fisher diperoleh fhitung < ftabel (1,245) < (1,858) maka dapat disimpulkan h0 ditolak dan h1 diterima, maka data bersifat homogen. Pada Uji Hipotesis digunakan Uji-t diperoleh thitung > ttabel (3,262 > 2,002) pada a = 0,05 dan dk = 58, maka dengan demikian hipotesis diterima. Maka peneliti menyatakan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan melalui model pembelajaran Group Investigation degan Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:30
Last Modified: 24 Jun 2022 02:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item