Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di Cikiwul II

Merlinda, Merlinda dan Whindi Arini, Novanita (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di Cikiwul II. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025085_MERLINDA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025085_MERLINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media flash card untuk mata pelajaran IPS materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia pada kelas IV di Sekolah Dasar. Dengan adanya media flash card ini, diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan untuk siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan flash card kepada siswa kelas IV (empat) Sekolah Dasar. Pengembangan media flash card dengan model pengembangan ADDIE melalui beberapa tahapan, diantaranya tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasilnya dari pengembangan tersebut, dihasilkan sebanyak 34 buah flash card media pembelajaran untuk mata pelajaran IPS materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia pada kelas IV di Sekolah Dasar. Pengembangan yang terlihat dari flash card yang dihasilkan adalah adanya QR code yang bisa dipindai/ scan menggunakan smartphone, hal tersebut yang menjadi poin pengembangan atau pembeda dari flash card pada umumnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:29
Last Modified: 24 Jun 2022 02:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item