Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN SUKAMAJU 2

Wardany, Dewi Kusuma dan Chandrawaty, Chandrawaty (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN SUKAMAJU 2. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025024_DEWI KUSUMA WARDANY.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025024_DEWI KUSUMA WARDANY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS. dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas IV SDN SUKAMAJU 2 Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa yaitu siswa kelas 4A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan adalah sampel Jenuh (Sample Total).
Pada Uji Validitas dengan menggunakan Product Moment sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan 29 soal valid dan 21 soal drop. Sedangkan pada Uji Reliabilitas menggunakan rumus
r11 memperoleh rhitung 0,855 > 0,312 rtabel maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel.
Selanjutnya data analisis Uji Prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas test menggunakan Uji Liliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh Lo(hitung) 0,0722<0,147 Ltabel Kelas kontrol diperoleh Lo (hitung) 0,0753<0,147 Ltabel, maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan Uji Homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher dari Hartley diperoleh Fhitung 2,41<4,12 Ftabel dengan taraf signifikasi a=0,05 dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 35 karena Fhitung<Ftabel maka disimpulkan bahwa data varians kelompok berdistribusi homogen.
Pada Uji Hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,7102>1,996 ttabel pada taraf signifikasi a=0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN SUKAMAJU 2 Depok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:26
Last Modified: 24 Jun 2022 02:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item View Item