Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials

Zulfadewina, Zulfadewina dan Sucipto, Adi dan Iba, Khairil dan Zulherman, Zulherman Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials. Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials, 4 (4). pp. 1308-1314. ISSN 2580-3735

[thumbnail of Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials]
Preview
Text (Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials)
Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Pengajaran dalam masa pandemik merupakan sebuah tantangan di dalam dunia pendidikan, namun juga kesempatan untuk menciptakan sebuah inovasi dalam pendidikan juga. Untuk penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil pengembangan media pembelajaran pada materi perkembangbiakan hewan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 mengetahui kelayakan media pembelajaran pada materi perkembangbiakan hewan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 mengetahui responden peserta didik kelas V pada materi
perkembangbiakan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D). Model yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu borg and gall yang memiliki 10
tahap yaitu: penelitian pendahuluan/prasurvei, perencanaan penelitian, pengembangan model/produk awal uji ahli
dan pelaksanaan uji coba lapangan awal, revisi hasil uji lapangan awal/terbatas, pelaksanaan uji lapangan utama,
revisi hasil uji lapangan utama, uji kelayakan/uji lapangan operasional, revisi final hasil uji kelayakan, diseminasi dan implementasi produk akhir. Uji produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, serta guru dan peserta didik merupakan responden terhadap media yang dikembangkan. Media ini diuji cobakan kepada 10 siswa sebagai kelompok kecil dan 95 siswa dari 3 sekolah. Hasil penelitian menunjukan ahli materi dengan skor 89%, ahli media 78%, responden guru 90%, dan peserta didik 93%. Sehingga hasil penelitian ini memberikan makna senuah inovasi pembelajaran yang mendukung minat belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulfadewina Zulfadewina
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:31
Last Modified: 07 Jun 2022 01:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item