Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbasi Konstruktivis (Penilitan Tindakan di SDN 04 Pagi Cawang Jakarta Timur)

Zulfadewina, Zulfadewina (2010) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbasi Konstruktivis (Penilitan Tindakan di SDN 04 Pagi Cawang Jakarta Timur). Post-Doctoral thesis, Universitas Negeri Jakatrta.

[thumbnail of Tesis Dra. Zulfadewina, M.Pd]
Preview
Text (Tesis Dra. Zulfadewina, M.Pd)
Tesis Dra. Zulfadewina, M.Pd.pdf - Submitted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini utnuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran unutk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD Kelas IV dengan menggunakan pendekatan melalui pembelajaran penemuan terbimbing berbasis konstruktivis.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cawang 04 Pagi Jakarta Timur dengan subjek penelitian sebanyak 39 orang siswa SD Kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis dan Taggar yang terdir dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran melalui penemuan terbimbing berbasis konstruktivis dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajarn IPA. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mencapai angka 97,43%.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Zulfadewina Zulfadewina
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:39
Last Modified: 02 Jun 2022 08:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14488

Actions (login required)

View Item View Item