Eksistensi Suku Batak Toba Dan Budaya Kekerabatan Dalam Modernitas Kehidupan Kota (Studi Kasus Komunitas Batak Di Perumnas Depok I

Afsari, May Linda dan Bandarsyah, Desvian dan Gunawan, Rudy (2019) Eksistensi Suku Batak Toba Dan Budaya Kekerabatan Dalam Modernitas Kehidupan Kota (Studi Kasus Komunitas Batak Di Perumnas Depok I. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075012_MAY LINDA AFSARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075012_MAY LINDA AFSARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui eksistensi budaya kekerabatan pada masyarakat Batak Toba. (2) Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan dalam komunitas masyarakat Batak Toba. (3) Untuk mengetahui makna dan pesan moral yang ada dalam hukum adat Batak Toba (4) Untuk menganalisis lebih dalam peran suku Batak Toba ditengah modernitas kota. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Studi Kasus. Dimana peneliti berupaya mengumpulkan dan kemudian mengorganisasikan serta menganalisis data tentang kasus-kasus tertentu berkenaan dengan permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian peneliti untuk kemudian data tersebut dibandingkan atau dihubungkan satu dengan lainnya (dalam hal lebih dari satu kasus). Hasil peneltian ini menunjukan bahwa eksistensi suku Batak Toba dan budaya kekerabatan masih eksis di wilayah Perumnas Depok I. Hal-hal yang membuat budaya kekerabatan ini masih eksis ditengah modernitas kota dikarenakan kehadiran komunitas Batak Toba yang masih diadakan dalam setiap perkumpulan orang Batak Toba. Makna yang terkandung dalam budaya kekerabatan suku Batak Toba adalah Dalihan Na Tolu sebuah falsafah hidup yang sangat dipegang teguh terhadap orang Batak Toba sehingga bisa mempertahankan budaya kekerabatan pada masyarakat Batak Toba.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:37
Last Modified: 24 Jun 2022 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item