Rosmaya, Mita dan Nuraini, Nuraini (2020) Profil Tingkat Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Garut pada Masa Pandemi COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_BK_16010105096_MITA ROSMAYA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fenomena penyebab stres akademik di kalangan pelajar pada masa pandemi COVID-19 kini semakin banyak ditemukan. Hal tersebut dibuktikan dari sejumlah temuan fakta di lapangan yang mengindikasikan stres akademik pada diri siswa, diantaranya siswa mendapatkan beban tugas yang tinggi, kurangnya penjelasan guru mengenai materi pelajaran, tidak adanya interaksi dengan teman sebaya, serta tidak meratanya fasilitas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat stres akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Garut pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini berjumlah 45.000 siswa, dengan jumlah sampel 269 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan total skor stres akademik sebesar 43.535 dengan rincian presentase kategorisasi tingkat stres akademik sebagai berikut: tinggi 13,0%, sedang 72,5%, dan rendah 14,5%. Sementara itu hasil perolehan data tingkat stres akademik yang ditinjau dari jenis kelamin menunjukkan kategori stres akademik pada siswa laki-laki sebesar: 13,0% tinggi, 72,5% sedang, dan 14,5 % rendah, pada siswa perempuan menunjukkan: 13,8% tinggi, 73,1% sedang, dan 13,1% rendah. Tingkat stres akademik ditinjau dari segi jurusan yakni sebagai berikut; pada siswa jurusan MIPA : 13,9% tinggi, 76,2% sedang, dan 9,8% rendah, sedangkan pada siswa jurusan IPS adalah: 12,2% tinggi, 70,1% sedang, dan 17,7% rendah. Dapat disimpulkan, hasil perolehan data stres akademik ditinjau dari jenis kelamin menunjukkan tingkat stres akademik pada kategori sedang yaitu 72,5% pada siswa laki-laki dan 73,1% pada siswa perempuan. Data stres akademik ditinjau dari jurusan menunjukkan tingkat stres akademik pada kategori sedang yaitu 76,2% pada jurusan MIPA, dan 70,1 % pada jurusan IPS. Implikasi penelitian berupa layanan informasi mengenai stres akademik yang dimuat dalam poster stres akademik siswa pada masa pandemi COVID-19, serta RPL format layanan klasikal dan bimbingan kelompok bagi sekolah-sekolah yang menjadi sampel dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | BD Speculative Philosophy > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Bimbingan Konseling |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 08:37 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 06:41 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14370 |
Actions (login required)
View Item |