Purba, Heniwati dan Haryati, Titik (2020) Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X IPS 1 Dan IPS 4 SMAN 27 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_BK_1701019007_HENIWATI PURBA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemandirian belajar siswa menjadi perhatian dalam memberikan layanan bimbingan dan konsleing sebab kemandirian belajar siswa dalam persepsi yang negative berdampak pada kemmapuan menyelesaiakan tugas belajar yang harus diselesaiakan tepat waktu. Keterlambatan menyerahkan tugas menyebabkan nilai hasil belajar di bawah rata-rata. Siswa sebagai penerus penting untuk bisa menajdi berkualitas, berprestasi dan tanggung jawab pada diri sendiri jugalain. Kemampuan pengetahuan dan ketrampilan bagi siswa menjadi bekal untuk mempersiapkan dalam melanjutkan karir juga jenjang pendidikan yang lebih tingi. Layanan bimbingan dan konseling mempunyai peran sangat penting untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa, agar persepsi tentang belajar dapat dipahami dengan baik. Pemberian layanan bimbingan kelompok akan mengkondisikan anggota kelompok untuk saling memberikan perhatian dan partisipasi dengan baik melalui dinamika kelompok dan kemampuan memutuskan memilih cara belajar sesuai dengan kondisi yang dimiliki. Pemimpin kelompok akan memanfaatkan dinamika kelompok sebagai pendukung semua anggota kelompok melalui informasi dan pengalaman yang positif. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa agar mampu belajar sendiri tanpa bantuan orang lain, persepsi tentang belajar akan menjadikan dorongan siswa untuk melakukan cara belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), memanfaatkan dinamika dalam layanan bimbingan kelompok pada Siklus 1 dan Siklus 2. Tingkat kemandirian belajar ada peningkatan pada siklus II pertemuan pertama dari rata-rata 60% dengan dengan kategori sedang meningkat menjadi rata-rata 86% dengan kategori tinggi, siswa memiliki persepsi tentang belajar secara positif, siswa melakukan aktivitas cara belajar dan ahu manfaat belajar bagi diri sendiri juga orang lain. Layanan bimbingan kelompok dapat memberikan motivasi, informasi dan berbagi pengalaman sehingga menjadi dorongan siswa memiliki kemauan belajar tinggi dan mau belajar dengan teman sebaya juga mau bertanya kepada guru bidnag studi atau guru bimbingan dan konsling. Kesimpulan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, dan siswa memiliki perubahan serta persepsi tentang aktivitas melakukan cara belajar sesuai dengan kemampuan siswa kelas X IPS 1 dan IPS 4 SMAN 27 JAKARTA.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Bimbingan Konseling |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 08:37 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 06:30 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14369 |
Actions (login required)
View Item |