Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta

Nopitasari, Neni dan Dasalinda, Dwi (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015130_NENI NOPITASARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015130_NENI NOPITASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan sering dijumpai peserta didik yang mengalami kesulitan dalam interaksi sosial dikarenakan karakter peserta didik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Bagi peserta didik yang kesulitan berinteraksi sosial cenderung memiliki sedikit teman. Interaksi sosial di sekolah sangat diperlukan, karena dengan berinteraksi peserta didik dapat saling bertukar informasi. Tingkat kepercayaan diri yang tinggi dapat memudahkan individu mengambil keputusan dan memudahkan individu untuk bergaul, membantu individu meraih sukses di sekolah dan di luar sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta serta untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment serta pengambilan sampel sebanyak 125 dari 230 populasi menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Yamane. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Kepercayaan Diri yang berdasarkan teori Lauster dan skala Interaksi Sosial yang berdasarkan teori Soekanto. Dalam menganalisis data penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMPN 263 Jakarta 0% dalam kategori rendah, 55,2% dalam kategori sedang dan 44,8% dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk skala inteaksi sosial 0% dalam kategori rendah, 47,2% dalam kategori sedang dan 52,8% dalam kategori tinggi, dengan jumlah subjek 125 siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta. Analisis korelasi dengan menggunakan rumus product moment pearson menunjukkan hubungan yang positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,614 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan N = 125.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:37
Last Modified: 17 Jun 2022 04:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item