Perbedaan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 14 Tangerang

Amalia, Rahmi dan Nuraini, Nuraini (2020) Perbedaan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 14 Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015081_RAHMI AMALIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015081_RAHMI AMALIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandangan lingkungan sekolah dan masyarakat tentang pemahaman komunikasi interpersonal yang dimiliki Peserta Didik SMA pada jurusan MIPA dan IPS. Mereka beranggapan bahwa Peserta Didik jurusan IPS memiliki komunikasi interpersonal yang tinggi dibandingkan Peserta Didik jurusan MIPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi interpersonal Peserta Didik kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 14 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian peserta didik kelas X sebanyak 324. Sampel sebanyak 20% dari banyaknya populasi yaitu sejumlah 64 sampel yang masing-masing jurusan mendapatkan 32 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan data dalam penelitian ini uji normalitas dalam kondisi normal dan uji homogenitas dalam homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan t-test dengan perolehan thitung sebesar -0,39 dan ttabel sebesar 2,042 sehingga thitung < ttabel. Oleh karena itu hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan komunikasi interpersonal yang signifikan antara peserta didik jurusan MIPA dan IPS kelas X di SMA Negeri 14 Tangerang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:36
Last Modified: 17 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item