Stres Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi dimasa Pandemi Covid-19.(Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA angkatan 2016)

Kemalasari, Erina dan Nurmawati, Nurmawati (2020) Stres Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi dimasa Pandemi Covid-19.(Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA angkatan 2016). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015078_ERINA KEMALASARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015078_ERINA KEMALASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyusunan skripsi dimasa pandemi covid-19 menjadi tantangan dan hambatan yang dimiliki oleh Mahasiswa sehingga Mahasiswa dapat mengalami suatu stres akademik dalam menyusun skripsi. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil Stres Akademik Mahasiswa dalam menyusun skripsi dimasa pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2016 yang berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 96 orang Mahasiswa dari total populasi 125 Mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini dengan menggunakan instrumen yaitu angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menuangkan frekuensi ke dalam bentuk presntase. Setelah data diolah, ditabulasi, diskor, dan dianalisis dengan bantuan software MS Excel dan SPSS penelitian ini menunjukan bahwa Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling dalam menyusun skripsi dimasa pandemi covid-19 angkatan 2016 adalah tinggi lebih dominan dengan pertimbangan frekuensi terbanyak yaitu kategori tinggi dengan 45 Mahasiswa yaitu 46.9%. Kategori sangat tinggi dengan 23 Mahasiswa yaitu 24%. Kategori rendah dengan 26 Mahasiswa yaitu 27.1%. Kategori sangat rendah dengan 2 Mahasiswa yaitu 2%. Oleh karena itu penelitian ini disimpulkan bahwa stres akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling dalam menyusun skripsi dimasa pandemi covid-19 yaitu tinggi disebabkan oleh covid-19 yang berdampak pada terjadinya perubahan-perubahan yang membuat Mahasiswa mengalami stres akademik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: BD Speculative Philosophy > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:36
Last Modified: 17 Jun 2022 04:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item View Item