Winarsih, Dwi Rahmi dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Kontrol Diri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UHAMKA 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_BK_1601015071_DWI RAHMI WINARSIH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik saat tugas yang diberikan sulit, menganggap belum dateline, menganggap bisa mengerjakan dengan cepat. Kenyatannya mahasiswa menunda-nunda tugas dengan melakukan aktifitas lain hal tersebut dipengaruhi oleh kontrol diri. Kontrol diri yang rendah mengakibatkan prokrastinasi akademik yang tinggi dan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan prokrastinasi akademik dengan kontrol diri. Metode penelitian ini kuantitatif asosiatif. Populasi berjumlah 300 mahasiswa. Sampel berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling dengan model simple random sampling. Jenis instrumen berupa skala angket. Hasil olahan data menunjukan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswa dalam kategori sedang yaitu sebanyak 71 mahasiswa dan sebesar 93,7%, lalu hasil dari olahan data kontrol diri dalam kategori sedang yaitu sebanyak 43 siswa dan sebesar 57,3%. Terdapat hubungan negatif antara prokrastinasi akademik dengan kontrol diri dengan tingkat hubungan sedang artinya semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademiknya, maka semakin rendah kontrol dirinya dan diketahui nilai koefisien korelasi sebesar -0,475 serta nilai signifikasnsi kedua variable 0,000 <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | BD Speculative Philosophy > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Bimbingan Konseling |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 08:36 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 07:10 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14334 |
Actions (login required)
View Item |