Pengaruh Self efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta

Damayanti, Lilis dan Wardhani, Chandra Dewi Sukma (2020) Pengaruh Self efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015067_LILIS DAMAYANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015067_LILIS DAMAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena persepsi dan keyakinan diri siswa SMA Negeri 105 Jakarta yang rendah pada ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas seringkali membuat siswa melakukan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 144 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Sampel penelitian sebesar 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non random sampling dengan model propotional sampling. Jenis instrumen berupa angket. Hasil olahan data menunjukkan bahwa self efficacy diperoleh total skor sebesar 2675 dalam kategori tinggi dengan rincian tingkat presentase : tinggi sebesar 19,4%, sedang sebesar 61,1%, dan rendah sebesar 19,4%. Hasil dari prokrastinasi akademik diperoleh total skor sebesar 3308 dalam kategori sedang dengan rincian tingkat presentase : tinggi sebesar 13,9%, sedang sebesar 72,2%, dan rendah sebesar 13,9%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat self efficacy siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta dalam kategori sedang sebesar 61,1%, sedangkan tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta juga dalam kategori sedang sebesar 72,2%. Dan pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta sebesar 32,1% dalam kategori sedang. Hasil Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung sebesar 4.010 dan ttabel 1,692, berarti thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yang bermakna ada pengaruh self efficacy siswa terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: BD Speculative Philosophy > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:36
Last Modified: 17 Jun 2022 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item