Tindak Tutur Ilokusi Sherly Annavita Dalam Talk Show ILC (Indonesia Lawyers Club) Episode Perlu Kah Ibu Kota Dipindahkan Serta Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Karakter

Apriliani, Hilda dan Jupri, Abdul Rahman (2020) Tindak Tutur Ilokusi Sherly Annavita Dalam Talk Show ILC (Indonesia Lawyers Club) Episode Perlu Kah Ibu Kota Dipindahkan Serta Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Karakter. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045114_HILDA APRILIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045114_HILDA APRILIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi yang terdapat pada tuturan Sherly Annavita dalam talk show ILC episode “perlu kah ibu kota dipindahkan”, 2) mendeskripsikan fungsi ilokusi yang terdapat pada tuturan Sherly Annavita dalam talk show ILC episode “perlu kah ibu kota dipindahkan”, 3) merelevansikan tindak tutur ilokusi yang terdapat pada tuturan Sherly Annavita dalam talk show ILC episode “perlu kah ibu kota dipindahkan” ke dalam nilai-nilai pendidikan karakter.
Sumber data penelitian ini adalah tuturan Sherly Annavita dalam talk show ILC yang diambil dari video youtube ILC episode “Perlu Kah Ibu Kota Dipindahkan” yang diunggah pada tanggal 20 Agustus 2019. Semua tuturan ilokusi Sherly Annavita merupakan objek dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) jenis tindak tutur asertif paling sering digunakan dalam tuturan Sherly Annavita yang menandakan bahwa penutur lebih sering mengemukakan pendapat kepada lawan tuturnya, 2) penutur lebih sering menggunakan tuturan yang tergolong ke dalam fungsi kolaboratif (bekerja sama), 3) tuturan-tuturan Sherly mencerminkan bahwa karakter dari pemikiran dan kepribadian yang ia miliki sebagai kalangan anak muda sangatlah baik. Meskipun Sherly terkesan mengkritik presdien namun sebenarnya ia tetap mengharapkan yang terbaik untuk Negara ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 28 Jun 2022 07:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item