Perbedaan Komunikasi Interpersonal Antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII Di SMP Budhi Warman Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

Wulandari, Refi dan Fitniwilis, Fitniwilis (2020) Perbedaan Komunikasi Interpersonal Antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII Di SMP Budhi Warman Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015015_REFI WULANDARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015015_REFI WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah munculnya fenomena di kalangan siswa berkaitan dengan komunikasi interpersonal, bahwa sebagian siswa kurang memiliki keterbukaan ketika sedang berkomunikasi dengan temannya seperti mengasingkan diri dari teman-temannya, malu saat diajak berbicara. Hal ini beriringan dengan komunikasi interpersonal dimana komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih untuk saling bertukar gagasan atau pemikiran kepada individu lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan komunikasi interpersonal antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII di SMP Budhi Warman Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif komparatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Budhi Warman Jakarta. Populasi penelitian ini berjumlah 92 siswa dengan sampel sebanyak 92 siswa yaitu terbagi menjadi dua berdasarkan jenis kelamin untuk laki-laki sebanyak 65 siswa dan 27 siswa perempuan dengan menggunakan sampel jenuh (semua populasi digunakan untuk dijadikan sampel karena populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang). Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 21.0 diperoleh 27 butir angket yang valid pada variabel komunikasi interpersonal. Sedangkan, pada uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach dengan bantuan SPSS 21.0 variabel komunikasi interpersonal dengan nilai 0,901 > 0,361 dinyatakan reliabel. Uji prasyarat analisis uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov smirnov dengan nilai Dhitung 0,205 dan Dtabel 0,140 dikatakan berdistribusi normal karena Dhitung > Dtabel = 0,205 > 0,141. Uji homogenitas memperoleh hasil Fhitung sebesar 0.121 dan Ftabel sebesar 3.95 sehingga data tersebut homogen karena Fhitung < Ftabel = 0.121 < 3.95. berikutnya pada uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t test dimana hasil Thitung sebesar 2,010 dan Ttabel sebesar 1,986 sehingga disimpulkan thitung > ttabel = 2,010 > 1,986 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan komunikasi interpersonal antara siswa laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 17 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item View Item