Perbedaan Keterampilan Sosial Antara Siswa Aktif dan Tidak Aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Masbagik Kabupaten Lombok Timur

Afriyantara, M. Anugrah dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Perbedaan Keterampilan Sosial Antara Siswa Aktif dan Tidak Aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015014_M. ANUGRAH AFRIYANTARA.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015014_M. ANUGRAH AFRIYANTARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 3 Masbagik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis komparasi atau perbandingan. Subyek penelitian adalah siswa aktif dan tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 3 Masbagik yang berjumlah 30 orang siswa aktif dan 30 orang siswa tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala keterampilan sosial. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Person, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 3 Masbagik. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,775 > 2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Perbedaan keterampilan sosial juga terlihat dari hasil perhitungan nilai mean keterampilan sosial pada siswa aktif dalam ekstrakurikuler PMR sebesar 132,80 sedangkan nilai mean keterampilan sosial pada siswa tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR sebesar 121,27.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 17 Jun 2022 03:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item