Penyimpangan Sosial dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala Implikasi Pembelajaran Sastra di SMA

Habibah, Imellinda dan Solihati, Nani (2020) Penyimpangan Sosial dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala Implikasi Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045049_IMELLINDA HABIBAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045049_IMELLINDA HABIBAH.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyimpangan sosial dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa tulisan, ungkapan dan perilaku yang diamati. Pendekatan yang
digunakan yaitu pendekatan sosiologi sastra. Dari hasil tersebut, maka dapat diinterpretasikan bahwa, secara umum penyimpangan sosial dalam novel Gadis Kretek dalam penyimpangan pergaulan 1, penyimpangan sikap 9, penyimpangan perkataan 3, penyimpangan kepercayaan 5, penyimpangan pencurian 2, penyimpangan peniruan 4, dan penyimpangan perusuh 2. Pada penelitian ini digambarkan secara tepat kemudian diikuti oleh analisis. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa karya sastra dapat dipahami dan diterapkan dalam pembelajaran sastra di SMA serta dalam kehidupan seharihari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 27 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item