Perbedaan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA Angkatan 2017

Qodariah, Siti dan Nurmawati, Nurmawati (2020) Perbedaan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA Angkatan 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015012_SITI QODARIAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015012_SITI QODARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah perilaku konsumtif yang umumnya banyak terjadi dikehidupan mahasiswa meliputi pembelian produk mementingkan branded dari pada fungsi produk yang dikonsumsi dan cara mahasiswa mengisi waktu luang lebih sering bergaul ke tempat yang trending yaitu cafe dan mall. Kecenderungan yang dilakukan mahasiswa ini secara berlebihan menjadi masalah. Terkadang dalam pembelian produk tanpa pertimbangan rasional atau bukan didasari oleh kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumtif mahasiswa Bimbingan dan Konseling dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA angkatan 2017. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 553 orang. Sampel penelitian diambil 10% dari populasi penelitian diperoleh sebanyak 86 orang, terdiri 43 mahasiswa bimbingan dan konseling dan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar berjumlah 43 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu, teknik Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen sehingga ditetapkan teknik analisis data nonparametrik dengan uji hipotesis U-test (Mann-Whitney). Berdasarkan hasil perhitungan U-test (Mann-Whitney) diperoleh bahwa . (-1,101 < 1,96) berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan perilaku konsumtif mahasiswa Bimbingan dan Konseling dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA Angkatan 2017.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 17 Jun 2022 06:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item