Interferensi Morfologi Bahasa Sunda Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII Mts Qura’tul Aini

Muhtar, Laeli Juniar dan Hikmat, Ade (2020) Interferensi Morfologi Bahasa Sunda Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII Mts Qura’tul Aini. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045006_LAELI JUNIAR MUHTAR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045006_LAELI JUNIAR MUHTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Interferensi Bahasa Sunda Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII Mts Quratul Aini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil karangan narasi yang sudah dibuat oleh siswa kelas VII Mts quratul aini, sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku sebagai acuan penelitian dan jurnal-jurnal yang diperoleh dari internet. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Quratul Aini. Fokus penelitian ini difokuskan kepada pembentukan kata. Pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik membaca dan mencatat hasil yg ditemukan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti membuat sebuah tabel, lalu mengelompokan setiap kata yang sudah terinterferensi. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi. Hasil data disajikan dalam bentuk tabel dengan isi data yang sudah dianalisis terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Interferensi Morofologis Dalam karangan narasi siswa hasil yang banyak terinterferensi yaitu pada bentuk kata, dan prefiks. Dan dari hasil karangan yang dibuat, interferensi banyak ditemukan di lembar karangan siswa yang bernomor 1, karna setelah saya menanyakan kepada siswa tersebut, ternyata ia berasal dari daerah sunda dan sehari-hari ketika berkomunikasi menggunakan bahasa sunda. Di dalam karangan yang lain juga beberapa ditemukan kata yang terinterferensi baik itu prefiks, sufiks, maupun konfiks. Tetapi didalam hasil karangan dikumpulkan tidak ditemukan interferensi infiks. Selain itu, bahasa yang digunakan ketika membuat sebuah karangan adalah bahasa yang tidak baku, dan cenderung bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari. Penggunaan tanda baca pun jarang sekali ditemukan didalam hasil karangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 25 Jun 2022 12:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item