Mirdal, Alva dan Nofriza, Fatma dan Sagita, Dony Darma (2019) Efektivitas Layanan Klasikal dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 209 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_BK_1501015007_ALVA MIRDAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang kurang percaya diri dalam belajar yang ditunjukkan dengan tidak berani mengungkapkan pendapat kepada guru, tidak berperan aktif dalam kelompok, dan adanya siswa yang grogi ketika tampil dalam kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan klasikal dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 210 peserta didik. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif tentang peningkatan kepercayaan diri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan klasikal dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, hal ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel (2,47 > 2,335) dengan taraf signifikansi 0,01. Hal ini menunujukkan bahwa layanan klasikal dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | BD Speculative Philosophy > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Bimbingan Konseling |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 08:33 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:22 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14278 |
Actions (login required)
View Item |