Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal pada Tajuk Rencana Harian Kompas Edisi Desember 2019 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Felina, Felina dan Sulistyawati, Sulistyawati (2020) Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal pada Tajuk Rencana Harian Kompas Edisi Desember 2019 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045122_FELINA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045122_FELINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan aspek leksikal dan aspek gramatikal Tajuk Rencana Harian Kompas. Data penelitian ini berupa data kebahaasaan terkait kohesi leksikal yang terdiri dari: repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, dan kolokasi. Adapun data kohesi gramatikalnya terdiri dari: referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Sumber data penelitian diambil dari Tajuk Rencana surat kabar Harian Kompas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis isi kualitatif dengan teknik pilah, teknik simak bebas libat catat, dan teknik catat.
Bahasa yang digunakan oleh penulis Tajuk Rencana Harian Kompassudah baik karena didukung aspek leksikal dan aspek gramatikal sebagai unsur pembangun keserasian antarunsur dalam wacana, sehingga wacana tersebut menjadi kohesif dan koheren. Tajuk Rencana Harian Kompas dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) karena kohesi dan koherensinya sudah baik. Hal ini dapat diterapkan dalam penulisan sebuah teks.
Kata kunci: kohesi, koherensi, surat kabar, Tajuk Rencana

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 07 May 2022 02:35
Last Modified: 24 Jun 2022 05:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14231

Actions (login required)

View Item View Item