Pengaruh Strategi Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN Srengseng Sawah 01 Pagi Jakarta Selatan

Sholihat, Dinda Amalia Putri dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN Srengseng Sawah 01 Pagi Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025083_DINDA AMALIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025083_DINDA AMALIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Ice Breaking terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SDN Srengseng Sawah 01 Pagi Jakarta Selatan pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang diaplikasikan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yaitu siswa kelas IV A yang jumlahnya 29 sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang jumlahnya 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang diterapkan ialah teknik sampel jenuh.
Pada uji validitas dengan menerapkan Product Moment, ada sebanyak 10 essay dengan 8 soal valid dan 2 soal invalid. Sementara uji reliabilitas menerapkan rumus rxy dan didapati rhitung 0,870 > rtabel 0,444. Oleh karenanya, data ini mempunyai instrument yang reliabel.
Data pada analisis Uji Persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menerapkan Uji Liliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh Lo 0,1129 < Ltabel 0,159, sementara pada kelas kontrol diperoleh Lo 0,15 < Ltabel 0,163. Kesimpulannya, data berdistribusi normal. Di samping itu, uji homogenitas mengaplikasikan uji Fisher dan didapati Fhitung 1,13 < Ftabel 1,89 di mana taraf sigifikajsinya yaitu α = 0,05 dengan dk pembilang 29 dan dk penyebut 31. Karena Fhitung < Ftabel, maka data varians kelompok tersebut berdistribusi homogen.
Selanjutnya, Uji Hipotesis menerapkan uji-t dan diperoleh thitung = 35,4559 > ttabel = 2,0021 pada taraf signifikasi α = 0,05. Kesimpulannya, dari data kedua kelas tersebut, H0 ditolak dan H1 diterima, yakni terdapat pengaruh signifikan antara kelas yang mengaplikasikan strategi pembelajaran Ice Breaking dan yang tidak menggunakannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item