Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Lubang Buaya 06 Jakarta Timur

Novitasari, Intan Wahyu dan Ermawaty, Imas Ratna (2020) Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Lubang Buaya 06 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025077_INTAN WAHYU NOVITASARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025077_INTAN WAHYU NOVITASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Picture and Picture di SDN Lubang Buaya 06 Jakarta pada semester 1 tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian penelitian Post-test Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Sample Jenuh Kelas VA ditetukan sebagai eksperimen dengan jumlah 30 siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture dan Kelas VB ditentukan sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 31 siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Ekspositori. Instrumen penelitian sebelumnya diuji cobakan terlebih dahulu dan dihitung dengan uji validitas data dengan menggunakan korelasi Point Biserial sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan 35 soal valid dan 15 soal drop atau tidak valid.
Pada uji reliabilitas data dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh hasil rhitung = 0,04 > 1,84, maka data tersebut memiliki instrument yang reliable. Selanjutnya, instrument digunakan sebagai alat post-test setelah kedua kelas diberi perlakuan. Data dianalisis dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh hasil pada kelas eksperimen Lhitung = 0.1421 < 0.1610 = Ltabel, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh hasil Lhitung = 0.1340 < 0.8860 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.
Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher atau uji-F diperoleh Fhitung = 1,35 < 1,85 = Ftabel artinya kondisi kedua kelompok kelas tersebut berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 0,43 dengan ttabel = 2,333 pada α atau taraf signifikansi 0,05 (dua pihak) dengan dk = 59, maka dengan demikian H0, ditolak dan dilanjutkan ke daerah penerimaan H1, sehingga kesimpulannya, terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Picture and Picture di SDN Lubang Buaya 06 Jakarta

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item