Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Kramat 03

Ambarwati, Anita Dwi dan Zulfadewina, Zulfadewina (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Kramat 03. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025069_ANITA DWI AMBARWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025069_ANITA DWI AMBARWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi gaya magnet dan gaya gravitasi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV di Sekolah Dasar, serta mengetahui kualitas produk yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan guru (responden). Teknik evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif.
Hasil penelitian media pembelajaran video Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya magnet dan gaya gravitasi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan guru (responden) adalah baik dengan persentase masing-masing sebesar 82%, 92,38%, 81,25% dan 90%. Respon peserta didik adalah sangat baik dengan persentase 82,0% dari kelompok kecil dan dengan persentase 93,1% dari kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) gaya magnet dan gaya gravitasi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item