Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas 4 di SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi

Agustine, Anggitha dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas 4 di SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025062_ANGGITHA AGUSTINE.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025062_ANGGITHA AGUSTINE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dan sikap siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Joyful Learning pada siswa kelas IV SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adala metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One group Pretest posttest. Sampel yang digunakan adalah 15 siswa.
Pada uji Validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan 38 soal valid dan 12 soal invalid. Sedangkan pada uji realibillitas menggunakan rumus KR-21 memperoleh = 0,866 > = 0,334, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Untuk sikap dilakukan uji validitas angket sebanyak 30 soal, semua soal angket valid dan reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan liliefors galat taksiran diperoleh =0.102202 <= 0.22 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett diperoleh < maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.
Pada uji t hipotesis digunakan uji-t diperoleh 15,37 dengan 2,131 pada α = 0,05, maka dengan demikian ditolak. Artinya, terdapat adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Joyful Learning pada siswa kelas IV SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item